Senin, 04 Februari 2013

ceramah


BERCERAMAH DENGAN INTONASI YANG TERDAPAT DAN ARTIKULASI SERTA VOLUME SUARA YANG JELAS 


Didalam berceramah ada beberapa hal yang harus diperhatikan 
seperti harus terdapat 
a. Pembukaan
b. Penghantar menuju materi ceramah
c. Materi inti
d. Kesimpulan 
e. Penutup

Ini adalah contoh naskah Ceramah yang akan di buat menurut ketentuah yang ada dalam ceramah :

A. Pembukaan

       Asallamulaikum wr.wb
Asallatuwasallam wa'ala asrrofil anbiya iwarmursalim wa'ala alihi wasohbihi ajmain amaba'du, kepada yang terhormat Bapak/ibu guru yang saya hormati ,dan yang  terhormat rekan-rekan yang saya hormati pula. 
       Shalawat beserta salam semoga tercurahkan keapada jungjungan kita nabi besar Nabi Muhammad Saw, kepada keluarganya,sahabatnya,tabiat-tabiitnya, dan tak lupa kepada kita selaku umatnya yang mudah-mudahan mendapatkan sapaa'at darinya amien .

B. Penghantar Menuju Materi Inti

      Berdirinya saya disni akan menyampaikan sedikit ceramah semoga ceramah ini bisa menjadi potipasi bagi kita semua. Ceramah yang akan sayan sampaikan berjudul "Hubungan Antara QADA dan QADAR"

C. Materi Inti

      Hubungan antara qada dan qadar sangatlah erat sekali , karena sebelum qadar di ciptakan oleh Allah Swt , qada terlebih dahulu sudah ditentukan atau di ciptakan. Maka qada dan qadar ini sangatlah erat hubungannya .
         Qada adalah ketentuan atau ketetapan yang akan terjadi pada waktu yang akan datang . Ketetapan atau ketentuan hanya Allah yang tahu, dan oleh karena itu tiada siapapun yang tahu.
firman Allah Swt:
يقص ألحقوا هوا حير البا صلينا 

Artinya :  Menetapkan (hukum itu) hanya hak Allah. Dia menerangkan kebenaran dan dia pemberi kepuasan yang terbaik (Q.S AL'AN'AM : 57)

     Qadar adalah pelaksanaan atau perencanan dari A llah swt atau sering disebut dengan takir , Yaitu keadaan yang terjadi kepada mahluk Allah Swt . Ketentuan yang berlaku terhadap mahluknya baik yang telah maupun yang akan terjadi semua berada dibawah ketentuan Allah Swt.
firman Allah Swt:
إنا كل سيي اء هلاقونه بعقد ر
 Artinya: Sesngguhnya kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.

D. Kesimpulan 

     Sesuai dengan 2 ayat tersebut Allah menerangkan bahwseluruhh mahluknnya adalah ciptannya . Mahluk didunia diciptakan mnurut kehendak dan ketentuannya. Seusuai dengan hukum-hukum yang berlaku di alam semesta ini . Nah! jelass sudah hubungan antara qada dan qadar bersangkutan dengan hukum undang-undang dan ketetapan Allah Swt .

E.Penutup

      Terima kasih atas perhatianya dan mungkin itu yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maap . wassalamu allaikum wr.wb  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar